Back to homepage

Penyelenggara Uji Profisiensi

Pengujian yang dilakukan oleh suatu laboratorium penguji adalah bagian dari pengambilan keputusan yang sangat  penting.  Maka diperlukan suatu mekanisme untuk memantau keabsahan data yang dikeluarkan oleh laboratorium yang bersangkutan.  Salah satu cara untuk  memantau unjuk  kerja laboratorium penguji dalam rangka menjamin keabsahan data hasil pengujian yang diterbitkan  adalah dengan menggunakan uji profisiensi.

Salah satu usaha untuk menerapkan pelaksanaan ISO/IEC 17025:2005 adalah dengan melaksanakan uji profisiensi  antar laboratorium sehingga dapat dikontrol kinerja masing-masing  Laboratorium secara eksternal.

Balai Besar Industri Agro (BBIA) sebagai instansi pemerintah yang berpengalaman dalam uji profisiensi terutama untuk komoditas pangan/agro dan juga telah ditunjuk oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai laboratorium penyiap bahan uji profisiensi, maka BBIA menyelenggarakan UJI PROFISIENSI komoditas pangan/agro Hasil  dari Uji Profiisiensi ini digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam pemberian, pemeliharaan, perpanjangan dan penundaan akreditasi. 

Tujuan

Uji profisiensi yang diselenggarakan oleh BBIA adalah sebagai sarana pembuktian yang obyektif terhadap unjuk kerja laboratorium-laboratorium penguji  khususnya di bidang pangan/agro. 

Sasaran 

Uji profisiensi yang diselenggarakan oleh BBIA ini mempunyai  sasaran untuk memperoleh gambaran secara umum mengenai unjuk kerja laboratorium penguji dalam hal pengabsahan hasil pengujian terutama yang berhubungan dengan pengujian yang diikutkan dalam uji profisiensi. 

BBIA sebagai penyedia uji profisiensi :

  • Mmberikan jasa layanan uji profisiensi bagi laboratorium-laboratorium penguji dalam rangka menjamin keabsahan data hasil pengujian yang diterbitkan. 
  • Ruang lingkup komoditas pangan/agro 

 

Download Form PUP