Back to homepage

inspeksi teknis

 

Jasa layanan Inspeksi Teknis Balai Besar Industri Agro merupakan salah satu layanan dalam mendukung pelaksanaan peraturan pangan steril melalui  sertifikasi Inspeksi Teknis Kecukupan Panas.

Lembaga sertifikasi BBIA bernama Agro-based Industry Technical Inspection Service (ABITIS).  ABITIS telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tahun 2005. Sistem ABITIS memenuhi ketentuan dan persyaratan Internasional yaitu Lembaga Inspeksi sesuai persyaratan ISO/IEC 17020. Conformity assessment - Requirement for the Operation of various Type of Bodies Performing Inspection atau Penilaian Kesesuaian - Persyaratan pengoperasian berbagai Lembaga Inspeksi yang diadopsi menjadi SNI 19-17020-2012.

ABITIS merupakan lembaga yang netral dan bekerja secara profesional dengan menjamin kerahasiaan dan objektivitas hasil inspeksi teknis. ABITIS merupakan lembaga yang mandiri dalam menetapkan keputusan sertifikat inspeksi terkini dan tidak dapat dipengaruhi oleh lembaga terkait lainnya.

ABITIS memberikan jasa inspeksi yang bermutu, akurat, tepat waktu dan terpercaya kepada pelanggan sesuai pesyaratan SNI 19-17020-2012. Untuk mencapai sasaran tersebut ABITIS di dukung system manajemen inspeksi teknis yang terdokumentasi, sumber daya yang profesional, sarana & prasana yang memandai, dan metode inspeksi yang teruji.

Ruang Lingkup ABITIS yaitu : Inspeksi atau pemeriksaan kecukupan panas produk pangan (makanan dan minuman dalam kaleng serta pouch) dan produk farmasi dalam ampul.

Jasa Layanan ABITIS inspeksi kecukupan panas (Thermal Adequacy/Thermal Process) merupakan :

 

  • Jasa inspeksi yang berhubungan  dengan pendeteksian penetrasi panas dalam produk untuk menentukan nilai strelitasi (Fo) dari proses termal yang dilakukan, sehingga kebutuhan penentuan suhu yang aman dan yang dikehendaki dalam proses strelisasi dapat di ukur secara tepat.
  • Jasa inspeksi dapat di gunakan untuk memvalidasi pengukuran kecukupan panas untuk produk pangan (makanan dan minuman) dan farmasi.