Peraturan Kepala Badan POM No. 24 Tahun 2016 Tentang Pangan Steril

Balai Besar Industri Agro 10 Jan 2017, 06:12:40 WIB

Peraturan Kepala Badan POM No. 24 Tahun 2016 Tentang Pangan Steril

 Masyarakat atau konsumen produk pangan perlu dilindungi dari Peredaran Pangan steril yang tidak memenuhi persyaratan keamanan dan mutu, oleh karena itu Pemerintah melalui Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) mengeluarkan peraturan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Persyaratan Pangan Steril Komersial yang ditetapkan pada tanggal 24 Mei 2016. Beberapa point inti dari peraturan ini antara lain terkait ketentuan umum, ruang lingkup, persyaratan pangan steril komersial, pelabelan serta pengawasan,  antara lain :

  1. Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia termasuk Bahan Tambahan Pangan, bahan baku pangan, dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman
  2. Pangan Olahan adalah makanan atau minuman hasil proses dengan cara atau metode tertentu, dengan atau tanpa bahan tambahan.
  3. F0 adalah ukuran kecukupan panas untuk proses sterilisasi komersial yang dinyatakan sebagai ekivalen waktu pemanasan (dalam satuan menit) pada suhu konstan 121,1° C (250° F).
  4. Steril Komersial adalah kondisi yang dapat dicapai melalui perlakuan inaktivasi spora dengan panas dan/atau perlakuan lain yang cukup untuk menjadikan pangan tersebut bebas dari mikroba yang memiliki kemampuan untuk tumbuh dalam suhu ruang (non-refrigerated) selama distribusi dan penyimpanan.
  5. Pangan Steril Komersial adalah pangan berasam rendah yang dikemas secara hermetis, disterilisasi komersial dan disimpan pada suhu ruang.
  6. Pangan Berasam Rendah adalah pangan olahan yang memiliki pH lebih besar dari 4,6 dan aw lebih besar dari 0,85.
  7. Kemasan Pangan adalah bahan yang digunakan untuk mewadahi dan/atau membungkus pangan baik yang bersentuhan langsung dengan pangan maupun tidak.


Balai Besar Industri Agro sebagai salah satu unit instansi pemerintah di bawah Kementerian Perindustrian mendukung pelaksanaan terkait peraturan tersebut melalui salah satu jasa layanan teknisnya yaitu sertifikasi Inspeksi Teknis Kecukupan Panas. Lembaga sertifikasi BBIA tersebut bernama Agro-based Industry Technical Inspection Service (ABITIS).  ABITIS telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN)

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook