Pelatihan Kalibrasi Suhu, Massa dan Volume

Balai Besar Industri Agro 15 Sep 2017, 20:36:41 WIB

Pelatihan Kalibrasi Suhu, Massa dan Volume

Menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM)adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. Dengan demikian Kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu telusur (traceable) ke standar nasional maupun internasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. 

Tujuan dari kalibrasi diantaranya adalah : 1) mencapai ketertelusuran pengukuran, hasil pengukuran dapat dikaitkan/ditelusur sampai ke standar yang lebih tinggi/teliti (standar primer nasional dan / internasional), melalui rangkaian perbandingan yang tak terputus; 2) Menentukan deviasi (penyimpangan) kebenaran nilai konvensional penunjukan suatu instrument ukur; 3) Menjamin hasil-hasil pengukuran sesuai dengan standar Nasional maupun Internasional. 

Sedangkan manfaat dari kalibrasi adalah : 1) menjaga kondisi instrumen ukur dan bahan ukur agar tetap sesuai dengan spesefikasinya; 2) untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan di berbagai industri pada peralatan laboratorium dan produksi yang dimiliki; 3) dapat mengetahui perbedaan (penyimpangan) antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat ukur. Untuk melakukan kalibrasi tersebut dibutuhkan SDM yang memiliki kompetensi dalam melakukan kalibrasi tersebut misalnya kalibrasi peralatan laboratorium seperti suhu, massa, dan volume. 

Untuk itu dalam membantu industri dan masyarakat terkait memenuhi kebutuhan tersebut, maka Balai Besar Industri Agro (BBIA) Bogor menyelenggarakan program pelatihan Kalibrasi untuk Suhu, Massa dan Volume. Pelatihan berlangsung selama 5 (lima) hari dari tanggal 11 s/d 15 September 2017, dengan diikuti peserta 10 orang dari PT. Interflek Sejahtera, PT. Garuda Food Putra Putri Jaya, PT. Smart Tbk, PT. Gajah Izumi Mas Perkasa, PT. Eka Timur Raya, PT. Printec Perkasa 2, PT. Wirontono Baru, PT. Equilab International.


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook