Pelatihan Audit Internal Sistem Manajemen Laboratorium

Balai Besar Industri Agro 03 Okt 2017, 08:23:37 WIB

Pelatihan Audit Internal Sistem Manajemen Laboratorium

Dalam sistem mutu laboratorium sesuai ISO/IEC 17025 butir 4.14.1 terdapat persyaratan yang mengharuskan adanya audit internal untuk memverifikasi apakah sistem manajemen mutu laboratorium tersebut telah memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan. Audit internal harus dilaksanakan oleh personil yang memiliki kompetensi dalam bidang sistem manajemen mutu laboratorium dan telah mengikuti pelatihan audit internal sistem manajemen mutu.
 
Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan peserta dalam pemahaman dan pendalaman persyaratan ISO/IEC 17025:2008 dan audit internal sistem manajemen mutu laboratorium. Sedangkan manfaatnya antara lain : (1) mampu memenuhi persyaratan SNI ISO/IEC 17025:2008, terutama butir 4.14.1 dapat terpenuhi; (2) mampu meningkatkan kemampuan peserta meningkat, mencakup antara lain : mengorganisir, mengerti teknik, melaksanakan, memverifikasi audit internal;(3) menambah wawasan peserta dengan melihat dan mempelajari sistem manajemen mutu laboratorium yang diterapkan di BBIA. 
 
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka Balai Besar Industri Agro (BBIA) Bogor menyelenggarakan program Pelatihan Audit Internal Sistem Manajemen Mutu Laboratorium. Pelatihan berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 27 s/d 28 September  2017, dengan diikuti peserta sebanyak 7 orang antara lain : Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, UPT Lab Lingkungan Hidup DLH Kab. Bandung, PT. Global Quality Analitical, Puslitbang Hasil Hutan, serta Dinas Lingkungan Hidup Kab. Lebak .  Adapun Narasumber/pengajar dari Balai Besar Industri Agro.

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook