Kembangkan Litbang, BBIA Kerjasama dengan FIRDI

Balai Besar Industri Agro 28 Nov 2017, 08:21:53 WIB

Kembangkan Litbang, BBIA Kerjasama dengan FIRDI

INDOPOS.CO.ID - Balai Besar Industri Agro (BBIA) yang berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian melakukan kerjasama dengan Food Industrial R&D Institute (FIRDI dari Taiwan, dalam bidang rumput laut, buah merah dan cocoa. Langkah ini sesuai dengan arahan dari BPPI, yang mendorong agar semua Balai Besar dan Balai Riset yang berada di bawah BPPI Kementerian Perindustrian melakukan kolaborasi dengan lembaga riset dari luar negeri dan juga dalam negeri. Tujuannya untuk menambah wawasan dan mempercepat alih teknologi, juga untuk meningkatkan kapasitas dari lembaga riset yang ada.
Setelah beberapa kali melakukan komunikasi dan kunjungan, untuk menindaklanjuti kerjasama ini telah dilakukan Tele Conference antara BBIA dan FIRDI pada Senin 20 Nopember 2017, bertempat di BBIA, Bogor. Acara ini dihadiri oleh DR. Ir. Ngakan Timur Antara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian, Kepala BBIA, Ir. Umar Habson. MM, serta sejumlah peneliti dari BBIA. 
Dalam kesempatan ini Ngakan Timur Antara menekankan kerjasama yang dilakukan hendaknya tidak berhenti pada tahap penelitian saja, namun juga joint publication, serta membuat pilot plan bersama dengan topik industri di daerah Indonesia. “Dalam kerjasama ini teknologi yang dimiliki oleh FIRDI harus bisa ditangkap, untuk meningkatkan kapasitas lembaga riset, dan juga mempercepat bangkitnya beberapa industri turunan dari rumput laut, buah merah dan cocoa,” kata Ngakan dalam keterangannya, Rabu (22/11)

 

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook