PERTEMUAN TEKNIS UJI PROFISIENSI BBIA TAHUN 2016 (11 NOVEMBER 2016)

Balai Besar Industri Agro 15 Nov 2016, 17:54:52 WIB

PERTEMUAN TEKNIS UJI PROFISIENSI BBIA TAHUN 2016 (11 NOVEMBER 2016)

 Pengujian yang dilakukan oleh suatu laboratorium penguji adalah bagian dari pengambilan keputusan yang sangat  penting.  Maka diperlukan suatu mekanisme untuk memantau keabsahan data yang dikeluarkan oleh laboratorium yang bersangkutan.  Salah satu cara untuk  memantau unjuk  kerja laboratorium penguji dalam rangka menjamin keabsahan data hasil pengujian yang diterbitkan  adalah dengan menggunakan uji profisiensi. Pengakuan hasil uji profisiensi sesuai dengan standar  yang diakui yaitu SNI ISO/IEC 17043:2010.

Salah satu usaha untuk menerapkan pelaksanaan ISO/IEC 17025:2005 adalah dengan melaksanakan uji profisiensi  antar laboratorium sehingga dapat dikontrol kinerja masing-masing  Laboratorium secara eksternal.

Balai Besar Industri Agro (BBIA) sebagai instansi pemerintah yang berpengalaman dalam uji profisiensi terutama untuk komoditas pangan/agro dan juga telah ditunjuk oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai laboratorium penyiap bahan uji profisiensi. Hasil  dari uji profiisiensi ini digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam pemberian, pemeliharaan, perpanjangan dan penundaan akreditasi.

Tujuan uji profisiensi yang diselenggarakan adalah sebagai sarana pembuktian yang obyektif terhadap unjuk kerja laboratorium-laboratorium penguji  khususnya di bidang pangan/agro.

Sasaran uji profisiensi yang diselenggarakan adalah untuk memperoleh gambaran secara umum mengenai unjuk kerja laboratorium penguji dalam hal pengabsahan hasil pengujian terutama yang berhubungan dengan pengujian yang diikutkan dalam uji profisiensi

Acara  temu teknis dilaksanakan pada tanggal 11 November 2016 di Aula Balai Besar Industri Agro Jl. Ir. H. Juanda No. 11, Bogor, dengan diikuti peserta sebanyak  ± 80 orang dari berbagai laboratorium penguji baik instansi pemerintah, perusahaan/swasta dan lembaga pengujian lainnya.

Adapun susunan acara pertemuan teknis uji profisiensi adalah : (1) registrasi peserta, (2) pembukaan acara dan pembacaan doa, (3) Sambutan ketua penyelenggara, (4) Sambutan Plt. Kepala BBIA, (5) Penyampaian materi “Statistik Uji Profisiensi” oleh Ir. Untari Pudjiastuti/BBIA (6) Presentasi hasil uji profisiensi oleh Ani Masni/BBIA, (7) Diskusi Panel terkait uji profisiensi komoditi CPO, minyak kelapa, tepung terigu, corned beef, biscuit, (8) Pengisian umpan balik pelanggan (indek kep

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook